Perbandingan 5 Layanan Cloud Storage Terbaik Saat Ini

Perbandingan 5 Layanan Cloud Storage Terbaik Saat Ini


Pada umumnya sebuah layanan cloud storage memiliki fitur dan aplikasi untuk mensinkronisasikan data antara server yang menjadi tempat penyimpanannya dengan komputer atau peralatan yang diintegrasikan ke dalamnya. Dengan demikian, file atau data yang sudah kita unggah ke server cloud storage akan bersifat permanen, dan tidak akan hilang dalam waktu tertentu dikarenakan kadaluwarsa atau expired. Dengan adanya fitur sinkronisasi, proses backup data dapat berjalan secara otomatis.

Layanan cloud storage telah membantu kita dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Kemampuannya untuk menyimpan file di cloud dan mengaksesnya di mana saja dan kapan saja memberikan fleksibilitas yang nyaman.

Era cloud computing alias komputasi awan sudah mulai menjadi gaya hidup saat ini. Hal tersebut tampak dari banyaknya layanan cloud storage alias penyimpanan awan yang tersedia sekarang ini. Beberapa layanan yang cukup populer di antaranya adalah iCloud, OneDrive, Dropbox, Google Drive, dan Box. Kali ini saya akan menjabarkan perbandingan kelima layanan penyimpanan awan tersebut. Perbandingan ini meliputi kapasitas penyimpanan, batas ukuran file, dan platform yang didukung.

Perbandingan Kapasitas gratis Kapasitas berbayar Ukuran maksimal file Platform
iCloud 5 GB 50 GB : Rp 15.000,
200 GB : Rp 45.000,
1 TB : Rp 149.000
15 GB iOS, Mac,
Windows (PC)
Dropbox 2 GB 1 TB : $ 10 10 GB via website,
Tanpa batas via aplikasi
Windows
(PC dan Mobile),
Mac, Linux, iOS, Android,
Blackberry, Kindle Fire
Google Drive 15 GB 100 GB : $2
1 TB : $10
5 TB Windows (PC),
Mac, Android, iOS
One Drive 5 GB 50 GB : Rp 31.000 10 GB Windows
(PC dan Mobile),
Mac, iOS, Android
Box 10 GB 100 GB: $ 11.5 250 MB (gratis),
1 GB (berbayar)
Windows
(PC dan Mobile),
Mac, iOS, Android

Kalau membandingkan dari sisi kapasitas gratis, Google Drive memberikan penawaran yang menggiurkan juga dengan ukuran maksimal file yang dapat ditransfer. Sementara jika dilihat dari segi dukungan platform, Dropbox jelas lebih bisa digunakan secara leluasa, terutama untuk berkolaborasi dengan teman atau rekan kerja.

OneDrive, Google Drive, dan iCloud memiliki kelebihan tersendiri karena telah terintegrasi dengan platform. OneDrive dengan Windows, Google Drive dengan Android (dan Chromebook), sedangkan iCloud dengan iOS dan macOS. Sementara itu dari sisi kemudahan akses, OneDrive tetap lebih leluasa karena memiliki lebih banyak platform yang mendukung.