Cara Membatalkan Email di Gmail yang salah kirim

Cara Membatalkan Email di Gmail yang salah kirim


Email menjadi salah satu yang wajib digunakan untuk saat ini, khususnya saat ini untuk melamar perkerjaan, rata-rata perusahaan sudah menggunakan sistem email untuk menerima dokumen lamarannya. Berbeda dengan dahulu yang masih menggunakan surat lamaran melalui POS atau jasa pengiriman lain.


Namun terkadang sobat merasa ada yang salah ataupun kurang saat mengirimkan email lamarannya, entah itu file dokumen yang belum dilampirkan atau juga isi email yang salah ketik. Bisa bisa bila ada yang salah gitu bukannya mendapatkan panggilan interview malah diabaikan email sobat oleh HRD yang bersangkutan. Ingin menghapusnya, tetapi sudah terlanjur terkirim dan diterima oleh HRD yang bersangkutan.


Nah, sebenarnya sobat bisa membatalkan email yang akan sobat kirim dengan mudah, loh. Tanpa perlu cara yang rumit, email akan mudah dibatalkan dan sobat dapat sesegera mungkin mengirimkan email baru.


Berikut ini saya mari kita simak cara membatalkan pengiriman email, khusus untuk sobat. Ini hanya berlaku untuk pengguna Gmail loh ya!


1. Setiap email yang terkirim, pastinya ada pop up notifikasi yang tertera di pojok kiri bawah dari laman Gmail sobat. Klik Urungkan ( undo ) dan email sobat otomatis akan dibatalkan.




2. Yang biasanya menjadi masalah adalah pop up notifikasi hanya muncul untuk waktu yang terbilang singkat, yaitu 5 detik. Namun jangan panik, sobat dapat mengubah durasi waktu untuk membatalkan pengiriman lewat fitur Setelan ( Settings ) yang terdapat pada pojok kanan atas di deretan foto profil.


Klik Setelan ( Settings ) dan pilih Umum ( General ) Scroll tampilan layar hingga menemukan Urungkan Pengiriman ( Undo Send ). Di sana, sobat bisa menentukan periode pembatalan pengiriman, antara 5, 10, 20, atau 30 detik. Pilih sesuai kebutuhan dan pastikan telah menyimpan perubahan yang sobat buat dengan meng-klik Simpan Perubahan ( Save Changes ).



3. Setelah dilakukan pengaturan waktu pembatalan pengiriman, pop up notifikasi yang muncul akan menyesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan. Semakin lama waktu yang sobat pilih, semakin banyak waktu yang bisa sobat gunakan untuk memikirkan kembali apakah email yang sobat kirim harus dibatalkan atau tidak.


Jadi, bagaimana? Cukup mudah bukan? Sekarang sobat tidak perlu panik jika terdapat kesalahan dalam mengirimkan email kepada HRD. Selamat mencoba!


Jika sobat ada pertanyaan yang ingin disampaikan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar ya! Dan jika dirasa bermanfaat silahkan untuk dibagikan kepada rekan-rekan sobat melalui tombol share sosial media dibawah postingan ini. Terimakasih ☺