Jenis-Jenis Hosting yang Perlu diketahui Sebelum Membelinya

Jenis-Jenis Hosting yang Perlu diketahui Sebelum Membelinya

 

Hal yang perlu sobat ketahui sebelum membeli web hosting adalah jenis-jenis dan spesifikasinya. Karena dengan mengetahui jenis-jenis hosting ini sobat dapat dengan mudah memilih jenis paket hosting saat sobat akan membeli hosting untuk situs web atau blog sobat. Dibawah ini adalah jenis web hosting yang akan sering sobat temukan saat mengunjungi situs layanan penyedia hosting:

Jenis-jenis Hosting Yang Perlu Sobat Ketahui


1. Shared Hosting


Shared Hosting adalah hosting yang digunakan oleh banyak pengguna dalam satu server. Dengan begitu, hosting jenis ini tidak begitu maksimal dalam pengoperasiannya. Shared hosting biasanya digunakan untuk mengembangkan website baru karena harganya yang terjangkau. Karena harganya yang terjangkau, shared web hosting dianggap ideal untuk usaha kecil, blog, dan situs web portofolio.

Apakah sobat bertanya-tanya mengapa shared hosting bisa sangat terjangkau?

Shared hosting bisa terjangkau karena sobat berbagi sebuah web server yang besar dengan orang lain. Sebagai Contoh seperti ini. Jika sobat menyewa rumah sendiri, maka sobat bertanggung jawab untuk membayar semua sewa sendirian. Tapi jika sobat memiliki teman sekamar atau teman lain di dalam rumah tersebut, tentunya sobat bisa membagi pembayaran dengan teman sobat, sehingga biaya menjadi lebih murah karena di tanggung oleh beberapa orang.

2. VPS Hosting


VPS (Virtual Private Server) hosting adalah hosting yang hanya diperuntukkan untuk 10-20 pengguna. Hosting ini merupakan jenis yang paling populer karena fleksibel dan seimbang. Kabar baiknya, jenis layanan hosting ini umumnya lebih terjangkau daripada cloud hosting.

Konsep VPS hosting sebetulnya mirip dengan shared hosting — satu server digunakan oleh beberapa website sekaligus.
Akan tetapi, sumber daya VPS hosting bersifat dedicated. Dengan kata lain, performa website Sobat tidak akan terpengaruh masalah yang terjadi pada website pengguna lain.

Tak hanya itu, pengguna VPS hosting dapat menikmati keunggulan-keunggulan berikut:

Bebas memilih sistem operasi server — Sobat bisa menentukan sistem operasi yang digunakan server agar sesuai dengan kemampuan teknis Sobat atau kebutuhan website
Keleluasaan dalam menentukan jenis panel kontrol — VPS hosting menawarkan opsi panel kontrol canggih seperti Webuzo dan VestaCP. Namun, pengguna juga dapat memilih cPanel untuk kemudahan
Root Access — Sobat memiliki kebebasan untuk mengubah berbagai pengaturan server hosting yang digunakan
Dedicated IP — Reputasi IP address website Sobat tidak akan dipengaruhi oleh website lain.


3. Cloud Hosting


Cloud hosting merupakan istilah yang lebih keren dibandingkan VPS hosting, walaupun yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Namun, cloud hosting dikatakan lebih aman dari serangan luar karena perlindungan yang diberikan. Jenis web hosting ini menawarkan kemudahan penggunaan yang ada pada shared hosting, tetapi dengan kapasitas penyimpanan serta bandwidth yang lebih tinggi.

Seperti yang baru saja disebutkan, cloud hosting adalah jenis hosting yang juga ramah pengguna. Seperti pada jenis layanan hosting sebelumnya, cloud hosting juga bersifat fully managed. Dengan demikian, perhatian dan waktu Anda bisa lebih terfokus pada pengelolaan website — atau toko online, bagi yang memilikinya.

Akan tetapi, keunggulan utama cloud hosting terletak pada mekanismenya. Data website pengguna diduplikasi dan disimpan di beberapa server. Jika satu server mengalami masalah, server lainnya akan diaktifkan agar website tetap dapat berjalan.

Ditambah lagi, sumber daya server cloud hosting tidak digunakan bersama-sama seperti pada shared hosting. Dengan demikian, website Sobat tidak akan melambat jika ada website lain yang mengalami overload.

4. Dedicated Hosting


Berbeda dengan tiga jenis hosting sebelumnya, dedicated hosting merupakan hosting yang diperuntukkan untuk satu pengguna sehingga website sobat akan lebih cepat diakses.

Dengan server yang didedikasikan untuk Anda seorang, Anda tidak perlu takut akan downtime. Selain itu, kapasitas penyimpanan yang didapatkan pun tentunya lebih besar dari yang ditawarkan ketiga jenis layanan hosting di atas. Karena inilah dedicated hosting sangat cocok untuk website dengan banyak data dan pengunjung.

Selain itu, dedicated hosting juga memiliki keunggulan yang ada pada VPS hosting, termasuk root access, dedicated IP, serta kebebasan memilih sistem operasi serta panel kontrol.


Jenis Layanan Hosting Mana yang Tepat?


Anda bisa menganggap layanan web hosting sebagai sebuah investasi jangka panjang. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis web hosting yang tepat bagi website Anda. Jika salah pilihan, situs Anda mungkin tidak akan berjalan seperti yang telah direncanakan dan uang yang Anda keluarkan terbuang sia-sia.

Agar lebih mantap dalam menentukan pilihan Anda, kelebihan dan kekurangan keempat jenis layanan hosting pada bagian sebelumnya saya rangkum dalam tabel di bawah ini.

Jenis Web Hosting Kelebihan Kekurangan
Shared – Harga sangat terjangkau
– Mudah digunakan bagi pengguna baru
– Fully managed. Konfigurasi dan pengelolaan server ditanggung penyedia hosting
– Overload dan gangguan pada satu website akan mempengaruhi yang lainnya
– Sumber daya sangat terbatas
– Pengguna tidak memiliki akses untuk konfigurasi server
Cloud – Website Anda tetap dapat berjalan ketika salah satu server mengalami masalah
– Gangguan pada website lainnya tidak mempengaruhi website Anda
– Fully managed dan mudah digunakan seperti shared hosting
– Biaya mahal
– Tidak ada akses untuk konfigurasi server
VPS – Gangguan pada website lainnya tidak mempengaruhi situs Anda
– Pengguna mendapatkan root access atau akses untuk konfigurasi server
– Pengguna bebas memilih sistem operasi server dan panel kontrol
– Pengguna mendapatkan dedicated IP
– Harganya tidak murah, tetapi tidak terpaut jauh dengan harga shared hosting
– Pengguna harus memahami cara konfigurasi dan pengelolaan server
Dedicated – Satu server hanya dipakai oleh satu pengguna
– Pengguna mendapatkan root access atau akses untuk konfigurasi server
– Pengguna bebas memilih sistem operasi server dan panel kontrol
– Pengguna mendapatkan dedicated IP
– Pengguna harus memahami cara konfigurasi dan pengelolaan server
– Biaya yang sangat tinggi

Lalu, jenis hosting manakah yang tepat untuk Sobat? Jawabannya tergantung pada jenis website dan kemampuan teknis yang Sobat miliki. Di bawah ini saya jabarkan contoh penggunaan masing-masing jenis web hosting.

Jenis Web Hosting Cocok untuk
Shared – Pengguna yang baru belajar membuat dan mengelola website
– Website kecil dengan jumlah pengunjung sedikit
– Website yang tidak membutuhkan sumber daya besar
Cloud – Pengguna yang belum paham dengan pengelolaan server, tetapi memiliki website dengan jumlah pengunjung banyak
– Website yang membutuhkan sumber daya besar dan skalabilitas yang baik
VPS – Pengguna dengan pengetahuan teknis yang mumpuni
– Pengguna yang menginginkan sumber daya terdedikasi dengan biaya cukup rendah
– Website yang membutuhkan skalabilitas tinggi
Dedicated – Pengguna dengan pengetahuan teknis yang mumpuni
– Pengguna yang menginginkan sumber daya terdedikasi dan mampu mengeluarkan biaya dalam jumlah besar
– Website yang membutuhkan skalabilitas tinggi

sumber : buku.anakit, niagahoster.co.id