Cara Membuat Efek Long Shadow di Photoshop secara manual

Cara Membuat Efek Long Shadow di Photoshop secara manual


Cara Membuat Efek Long Shadow di Photoshop sangat mudah dilakukan, meskipun hasilnya tidak sebagus di adobe illustrator. Namun dengan begitu bagi Anda pengguna Adobe Photoshop bisa membuat tulisan atau gambar dengan efek long shadow yang mungkin sekarang-sekarang ini banyak sekali dipakai untuk membuat gambar thumbnail suatu artikel ataupun gambar lainnya.

Long Shadow sendiri apabila diartikel merupakan bayangan (shadow) panjang (long) karena memang efek long shadow merupakan efek bayangan yang panjang atau jauh dari suatu bentuk gambar atau tulisan yang diberikan efek tersebut.

Sebenarnya dalam membuat efek long shadow di photoshop sama halnya artikel sebelumnya yang membahas cara membuat tulisan 3d di photoshop namun terdapat sedikit perbedaan dari cara mengaturnya sehingga suatu tulisan tersebut terlihat mempunyai bayangan yang panjang bukan terlihat 3 dimensi.
Dalam tutorial yang akan saya berikan ini Anda sudah tentu memerlukan suatu aplikasi atau software Adobe Photoshop untuk melakukan tutorial. Photoshop yang saya gunakan merupakan versi Adobe Photoshop CS4 namun untuk melakukan tutorial membuat efek long shadow Anda bisa menggunakan versi berapapun karena sama saja namun biasanya berbeda penempatan tools pada photoshopnya saja.


Cara Membuat Efek Long Shadow di Photoshop


Masuk kedalam pokok pembahasan yaitu bagaimana cara membuat efek long shadow di photoshop, untuk itu Anda bisa menyimak tutorial berikut dan ikuti langkah demi langkahnya dengan benar.


1. Pertama Anda masuk pada aplikasi Photoshop, buatlah file gambar baru dengan cara klik "File > New". Anda sesuaikan nama file, ukuran tinggi maupun lebar gambar, resolusi piksel, warna background dan lainnya, lalu setelah selesai klik OK.
2. Masukan sebuah objek gambar atau tulisan yang akan Anda berikan efek long shadow. Pada contoh saya membuat tulisan horizontal dengan cara klik kanan pada icon " T " (Teks) > klik Horizontal Type Tool. Lalu ketikan tulisan yang akan dibuat dan diberikan efek long shadow.

 

3. Anda buatlah duplikat pada objek gambar atau tulisan tersebut dengan cara select pada layer lalu Klik Kanan > Duplicate Layer... atau Anda juga bisa dengan cara menekan Ctrl+J untuk cara pintasnya. Kemudian Anda ganti warna pada salinan layer dengan cara Double Klik icon salinan layer > Ubah jadi warna Hitam. Lalu ikuti cara berikut untuk tahap pertama membuat efek long shadow, Klik pada Scale lalu Anda tekan Kanan dan Bawah masing-masing 1x pada keyboard kemudian klik pada centang (OK).

 

4. Anda ulangi langkah ketiga diatas yaitu membuat salinan layer dan menggeserkan ke kanan dan kebawah satu kali. Untuk memudahkan mengulangi langkah tersebut, setelah Anda tadi mencentang/OK Anda bisa menekan Shift+Ctrl+Alt+T yang memerintahkan Again (mengulang kembali langkah terakhir) tekan terus menerus sampai terbuat beberapa banyak layer seperti pada contoh saya membuat 75 salinan layer.
5. Nah sudah terlihat bukan Long Shadow pada objek atau pada contoh tulisannya. Supaya bayangannya tidak terlalu gelap atau hitam, Anda lakukan langkah berikut yaitu Select semua salinan layer, lalu tekan Ctrl+G untuk membuat salinan tersebut dalam satu grup.

 

6. Setelah itu untuk menjadikan bayangan pada objek atau tulisan tersebut menjadi tidak terlalu gelap maka Select Grup salinan layer tadi, lalu pada opacity Anda ubah menjadi 30% seperti pada contoh atau bisa Anda sesuaikan.

 

7. Maka lihat hasilnya apabila sudah dirasa bagus, selesai sudah Anda membuat efek long shadow di photoshop pada objek gambar atau tulisan tertentu,

Begitulah Cara Membuat Efek Long Shadow di Photoshop, mudah untuk dilakukan bukan meskipun Anda masih pemula dalam hal edit gambar di photoshop. Apabila terdapat hal yang tidak dimengerti dalam melakukan tutorial yang saya berikan diatas jangan sungkan untuk bertanya di komentar atau melalui pesan pribadi di Kontak.