Cara Promosi Blog Agar Banyak Pengunjung

Cara Promosi Blog Agar Banyak Pengunjung


 

Ada banyak blogger yang besar di luar sana yang tidak seorang pun pernah mendengar tentang mereka, hanya karena mereka tidak tahu bagaimana cara mempromosikannya, atau mungkin tidak ingin mempromosikan blog mereka.


Inti yang paling penting tentang promosi blog adalah Sobat jangan pernah malu memberitahu orang-orang tentang blog Sobat.


Banyak blogger yang tidak mempromosikan blog mereka hanya karena mereka tidak merasa itu layak untuk dipromosikan.


Jangan lakukan ini jika Sobat telah masuk ke dunia blogging, maka Sobat perlu memberitahu orang-orang tentang blog Sobat dengan melakukan promosi blog agar banyak pengungjung yang mengujungi blog Sobat. Banggalah dengan pekerjaan yang sedang Sobat jalani saat ini.


Jadi, bagaimana Sobat dapat mempromosikan blog agar banyak pengunjung? Nah, ternyata metode yang paling efektif adalah dengan cara promosi gratis tapi bisa mendatangkan pengunjung blog yang banyak. Mari kita simak tips berikut ini.


1. Email Marketing


Banyak tips bagaimana cara mendatangkan pengunjung baru untuk blog Sobat. Tetapi sebenarnya Sobat tidak hanya perlu pengunjung baru, Sobat juga harus menjaga agar pembaca yang pertama kali datang bisa kembali lagi berkunjung ke blog Sobat.


Di sinilah email marketing memiliki peran yang cukup besar. Dengan mengumpulkan alamat email dari pengunjung Sobat (tentu saja dengan izin mereka), maka Sobat dapat memberitahu mereka ketika Sobat memposting sesuatu yang baru di blog Sobat.


Hal ini membuat orang datang kembali mengunjungi ke blog Sobat, yang tidak hanya memberikan Sobat lebih banyak pembaca dari waktu ke waktu, juga memungkinkan Sobat untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pembaca Sobat.


2. Jejaring Sosial


Saya yakin Sobat pasti sudah mempunyai akun Facebook, dan bahkan mungkin akun Twitter juga. Jadi, ketika Sobat memposting sesuatu di blog Sobat, pastikan bahwa Sobat juga memposting link posting blog Sobat di akun sosial media Sobat.


Hal ini juga membantu untuk terhubung dengan orang lain yang tertarik dalam topik Sobat. Kirim permintaan teman untuk blogger top di niche Sobat dan pastikan untuk mengikuti mereka di Twitter juga.


Sobat mungkin akan terkejut melihat betapa banyak orang yang akan menemukan posting Sobat yang menarik dan kemudian berbagi link dengan teman-teman mereka sehingga akan berdampak mendatangkan pengunjung yang banyak bagi blog Sobat.


3. Komentar di Blog Lain (Blogwalking)


Sobat dapat memberikan komentar dibanyak blog yang mempunyai topik yang sama dengan blog Sobat dengan mencantumkan link artikel blog Sobat di komentar tersebut sehingga akan mendatangkan pengunjung ke blog Sobat nanti nya.


Jika Sobat memberikan komentar yang bermanfaat pada blog yang terkait dengan topik Sobat, berarti Sobat telah memberikan informasi kepada orang-orang yang tertarik dengan topik Sobat. Dampaknya mereka bisa mengunjungi blog Sobat juga.


Ingat! Jangan pernah menyalahgunakan metode ini.


Jika Sobat meninggalkan komentar yang tidak bermanfaat atau hanya membuat spam saja maka ini akan berdampak merugikan blog Sobat sendiri. Selain itu, komentar berkualitas buruk kemungkinan akan dihapus oleh pemilik blog.


Jika Sobat membuat komentar yang bermanfaat, orang lebih cenderung untuk mengunjungi situs Sobat, karena mereka ingin mendengar lebih banyak tentang apa yang harus Sobat katakan pada topik tersebut.


4. Link ke Blog Lain


Salah satu ide terbaik untuk menulis postingan blog adalah menulis respon terhadap postingan dari blog lain. Ini bisa menjadi sebuah postingan blog Sobat yang tidak setuju dengan blog lain tersebut, atau topik artikel blog Sobat memiliki sesuatu yang berbeda atau nilai tambah dari blog orang orang yang Sobat berikan responnya.


Ketika Sobat melakukan ini, pastikan untuk me-link an blog Sobat kepada blog yang Sobat tanggapi. Pada kebanyakan blog, hal ini menciptakan apa yang dikenal sebagai "trackback".


Dengan Trackback, blog orang yang Sobat beri respon akan otomatis terkait dengan postingan link ke blog Sobat. Ini berarti bahwa siapa pun yang membaca posting blog orang yang Sobat beri respon maka mereka juga akan melihat link ke blog Sobat, dan berharap mengklik link tersebut di atasnya untuk mengunjungi postingan situs Sobat.


5. Tamu


Cara lain untuk mendatangkan banyak pengunjung blog adalah menulis di postingan "tamu". Untuk menulis postingan tamu Sobat hanya perlu menghubungi pemilik blog lain dan menawarkan untuk menulis postingan untuk situs mereka.


Tidak semua blogger yang terbuka untuk ide ini, tetapi jika Sobat dapat menemukan beberapa ide yang sangat besar bagi semua orang.


Sobat dapat memberikan mereka suatu informasi dengan menulis konten yang berkualitas, dan sebagai imbalannya Sobat menempatkan link ke blog Sobat dalam posting Sobat.


Jika orang menikmati posting tamu Sobat maka mereka cenderung untuk mengunjungi blog Sobat, maka hal ini akan menjadi salah satu jalan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog Sobat.


6. Forum Online


Jika Sobat belum melakukannya, Sobat harus bergabung dengan forum online populer yang terkait dengan topik Sobat. Misalnya, jika blog Sobat adalah tentang pelatihan usaha, bergabung beberapa forum pelatihan usaha paling populer.


Banyak forum yang memungkinkan Sobat dapat mencantumka link ke situs Sobat dalam tSobat tangan yang berlangsung di bagian bawah setiap posting yang Sobat tulis.


Beberapa forum mengharuskan Sobat untuk membuat beberapa posting sebelum membiarkan Sobat melakukan hal ini.


Setelah bergabung di sebuah forum, buatlah postingan yang menarik dan bermanfaat. Sama seperti halnya dengan komentar blog, isi postingan di forum Sobat juga harus berkualitas tinggi dan membantu orang lain yang sedang mencari informasi sesuai dengan topik Sobat.


Orang tidak akan ingin membaca blog Sobat jika mereka tidak menemukan postingan forum Sobat yang dapat membantu dan menarik bagi mereka.


7. Sering Membuat Postingan


Semua metode promosi di atas fokus untuk mendatangkan pengunjung baru untuk blog Sobat. Ini biasanya merupakan langkah yang paling sulit untuk blog apapun. Namun, Sobat juga perlu memastikan bahwa setelah pembaca menemukan blog Sobat, mereka akan kembali lagi mengunjungi blog Sobat.


Membuat postingan baru yang sesering mungkin (setidaknya sekali seminggu, tetapi sebaiknya setiap 1-2 hari), adalah kunci untuk membangun dan menjaga pengikut Sobat tetap kembali lagi mengunjungi blog Sobat.


Itulah Cara Promosi Blog Agar Banyak Pengunjung. Bagi yang ingin memberikan masukan dan saran silakan untuk berkomentar yang baik dan membangun.